HALLO LEARNER !!!
Bisnis mu akhir akhir ini sepi pengunjung ? Mungkin kamu butuh memperhatikan strategi marketing bisnis mu?
Mari kita bahas strategi digital communication pada coffee shop untuk menaikkan jumlah pengunjung.
APA ITU STRATEGI MARKETING ?
Strategi merupakan perencanaan untuk jangka panjang maupun jangka pendek untuk mencapai suatu sasaran atau target, dalam bisnis sasaran atau target yang dimaksud adalah keuntungan dari para pelanggan yang loyal. Strategi Marketing adalah perencanaan yang dibuat dalam memasarkan brand bisnis serta memperluas produk knowledge kepada pasar.
MENGENAL STRATEGI MARKETING
Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan brand bisnis mu.
Membuat target konsumen
Sangat penting bagi pengusaha untuk menentukan target konsumen dari produk/jasa yang dijalankan. Dengan membuat target konsumen memudahkan kita dalam memahami dan mengenali karakteristik pelanggan. Pada coffee shop sendiri memiliki beberapa tipe diantaranya tipe coffee shop yg minimalis dan diperuntukkan untuk ngobrol santai dengan menikmati espresso dan pastry, coffee shop seperti ini biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bersantai untuk morning time atau night relax setelah bekerja. Maka harga yang ditentukan juga bergantung pada perkiraan income yang dimiliki oleh target pasar.
Mengetahui branding yang tepat
Penciptaan branding yang tepat merupakan langkah awal yang perlu dilakukan supaya strategi marketing berlajan lancar. Penciptaan branding bisa dimulai dari menciptakan logo yang mewakili identitas dan ciri khas suatu bisnis supaya mudah dikenali oleh pasar. Penciptaan branding bisa juga dilakukan dengan membuat aneka merchandise seperti tumbler, totebag, gantungan kunci, dan lain-lain.
Branding juga bisa dilakukan dengan menciptakan akun bisnis di media sosial dan aktif menggunakan media sosial untuk memposting video, artikel, dan informasi lainnya terkait bisnis yang sedang dikembangkan. Pada coffee shop bsia memposting sedikit cuplikan video pada saat roasting biji kopi, pembuatan espresso, atau pemanasan pastry di microfive. Bisa juga video tentang kelebihan lokasi coffee shop seperti memiliki area parkir yang luas, fasilitas ibadah, toilet bersih, dan lainnya.
Mengenal pesaing dan saluran yang tepat
Dengan banyaknya kompetitor pada bidang bisnis yang serupa menjadikan kita sebagai pengusaha perlu mengetahui strategi apa yang dilakukan kompetitor. Jika biasanya kometitor memberikan diskon belanja maka kita harus menyesuaikan itu dengan bisnis yang kita jalankan. Tidak harus sama 100% karena kita juga perlu mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan serta resiko yang didapat pada strategi yg mau dijalankan.
Kemudian mengenal saluran yang tepat. Jika branding awareness dan produk knowledge ingin kita sebar luaskan maka kita perlu memiliki multiple platform dan chanel untuk menggapai target tersebut. Pelajari saluran yang mudah diakses dan sering dikunjungi oleh target pasar.
Itulah beberapa strategi marketing yang bisa dijalankan untuk mengembangkan bisnis mu supaya semakin banyak diketahui oleh target pasar yang kamu inginkan.
Comments
Post a Comment