Skip to main content

Strategi Digital Communication Pada Coffee Shop

 HALLO LEARNER !!!

Bisnis mu akhir akhir ini sepi pengunjung ? Mungkin kamu butuh memperhatikan strategi marketing bisnis mu? 

Mari kita bahas strategi digital communication pada coffee shop untuk menaikkan jumlah pengunjung.

APA ITU STRATEGI MARKETING ?

Strategi merupakan perencanaan untuk jangka panjang maupun jangka pendek untuk mencapai suatu sasaran atau target, dalam bisnis sasaran atau target yang dimaksud adalah keuntungan dari para pelanggan yang loyal. Strategi Marketing adalah perencanaan yang dibuat dalam memasarkan brand bisnis serta memperluas produk knowledge kepada pasar.

MENGENAL STRATEGI MARKETING

Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan brand bisnis mu.

Membuat target konsumen 

Sangat penting bagi pengusaha untuk menentukan target konsumen dari produk/jasa yang dijalankan. Dengan membuat target konsumen memudahkan kita dalam memahami dan mengenali karakteristik pelanggan. Pada coffee shop sendiri memiliki beberapa tipe diantaranya tipe coffee shop yg minimalis dan diperuntukkan untuk ngobrol santai dengan menikmati espresso dan pastry, coffee shop seperti ini biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bersantai untuk morning time atau night relax setelah bekerja. Maka harga yang ditentukan juga bergantung pada perkiraan income yang dimiliki oleh target pasar.

Mengetahui branding yang tepat

Penciptaan branding yang tepat merupakan langkah awal yang perlu dilakukan supaya strategi marketing berlajan lancar. Penciptaan branding bisa dimulai dari menciptakan logo yang mewakili identitas dan ciri khas suatu bisnis supaya mudah dikenali oleh pasar. Penciptaan branding bisa juga dilakukan dengan membuat aneka merchandise seperti tumbler, totebag, gantungan kunci, dan lain-lain.

Branding juga bisa dilakukan dengan menciptakan akun bisnis di media sosial dan aktif menggunakan media sosial untuk memposting video, artikel, dan informasi lainnya terkait bisnis yang sedang dikembangkan. Pada coffee shop bsia memposting sedikit cuplikan video pada saat roasting biji kopi, pembuatan espresso, atau pemanasan pastry di microfive. Bisa juga video tentang kelebihan lokasi coffee shop seperti memiliki area parkir yang luas, fasilitas ibadah, toilet bersih, dan lainnya.

Mengenal pesaing dan saluran yang tepat

Dengan banyaknya kompetitor pada bidang bisnis yang serupa menjadikan kita sebagai pengusaha perlu mengetahui strategi apa yang dilakukan kompetitor. Jika biasanya kometitor memberikan diskon belanja maka kita harus menyesuaikan itu dengan bisnis yang kita jalankan. Tidak harus sama 100% karena kita juga perlu mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan serta resiko yang didapat pada strategi yg mau dijalankan.

Kemudian mengenal saluran yang tepat. Jika branding awareness dan produk knowledge ingin kita sebar luaskan maka kita perlu memiliki multiple platform dan chanel untuk menggapai target tersebut. Pelajari saluran yang mudah diakses dan sering dikunjungi oleh target pasar.

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa dijalankan untuk mengembangkan bisnis mu supaya semakin banyak diketahui oleh target pasar yang kamu inginkan.

Comments

Strategi marcom

Popular posts from this blog

Penggunaan Digital Marcom dalam meningkatkan kesadaran merk

HALO LEARNERS !!! Dalam pembelian suatu produk baik jasa atau barang, manusia akan memenuhinya untuk dua hal. Pertama hal kebutuhan dan kedua hal kemewahan.  Hal ini didukung oleh faktor ekonomi yaitu daya beli dan juga karakteristik dari orang tersebut. Contohnya saja saat saya ingin membeli tas ransel, merk yang ada dalam bawah sadar saya adalah eiger, saya harus memiliki tas ransel eiger karena kualitas yang baik dan dikenal sudah lama, walaupun harganya mahal saya akan tetap membeli tas tersebut. maka yang saya lakukan itu adalah memenuhi kebutuhan dengan kemewahan. Nah, Eiger ini adalah merk yang sudah dikenal sangat lama hingga kini bertahan juga dengan adanaya penggunaan digital marketing communication. Dulu pendakian hanyalah hobi bagi segelintir orang, hobi bagi mereka yang ingin menikmati alam dengan kesederhanaannya, tanpa adanya alat dokumentasi untuk publikasi seperti saat ini. dulu mengabadikan moment hanya dengan kamera sederhana yang mengguankan roll film lalu dicet...

Manfaat Digital Marketing Communication dalam penjualan

HALO LEARNERS !!!!!!!!!!!! Siapa yang suka punya hobi tapi susah cari barengan ?? Hmmmm Saat ini komunikasi menjadi sangat mudah dan semakin berkembang. Jika komunikasi 2 orang sudah biasa, maka inovasi datang dengan memunculkan kemudahan komunikasi lebih dari 2 orang. Istilah virtual, tatap maya, dan lainnya sudah tidak asing lagi didengar. Istilah tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan yang terjadi dalam jarak yang jauh baik lintas daerah, provinsi, pulau bahkan lintas negara. Masyarakat juga kini sudah beradaptasi dengan kegiatan virtual seperti, rapat kerja, kegiatan belajar, seminar, kegiatan keagamaan, merencanaan kegiatan hobi, dan lain-lain. Kegiatan hobi lebih asyik dilakukan jika bersama dengan teman-teman. Lebih ramai lebih seru pastinya, dengan adanya kegiatan virtual memudahkan komunitas untuk merencanakan kegiatan. Contohnya hobi mendaki gunung.  Informasi tentang pendakian sudah mudah didapat melalui berbagai platform. Informasi yang dimuat seperti kuota peserta ...

Strategi gaet gen z jadi target pasar